Raion wa doubutsu no ousama desu.

Tahukah kalian apa arti kalimat di atas? Kalimat di atas berarti “singa adalah raja binatang“. Doubutsu adalah bahasa Jepang untuk “binatang”. Tentunya kalian ingin tahu bukan penjelasan lengkap dari kata doubutsu ini.

Artikel di bawah ini akan menjelaskan asal mula kata doubutsu dan penggunaannya dalam contoh kalimat untuk memudahkan pemahaman kalian. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penjelasan “Doubutsu

Doubutsu adalah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebutkan hewan atau binatang secara keseluruhan. Untuk nama masing-masing binatang dalam bahasa Jepang, bisa kalian pelajari kosakatanya di halaman ini!

Dalam kamus digital Daijiten, doubutsu dijelaskan sebagai makhluk hidup selain manusia yang merupakan bagian dari kelompok organisme bersama tumbuhan, yang bisa bergerak bebas dan mengambil zat organik yang dihasilkan tanaman sebagai nutrisi. Sebaran ekologinya dibagi menjadi hewan air dan hewan darat.

Kanji doubutsu ditulis dengan dua huruf kanji, yaitu dou (kunyomi : ugoku / ugokasu, bergerak; gerakan) dan butsu (kunyomi : mono, benda; objek). Jadi, jika dilihat dari penulisan huruf kanjinya, doubutsu bisa diartikan “benda atau objek yang bergerak”.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata doubutsu.

Kono doubutsu ni esa wo yaranaide kudasai.
Kanojo wa doubutsu wo zankoku ni atsukau hito tachi wo keibetsu shite iru.
Kare wa sono kusuri wo doubutsu de tameshita.
Panda wa chuugoku ni sumu mezurashii doubutsu de aru.
Kangaruu wa oosutoraria koyuu no doubutsu de aru.
Doubutsu wa hon’nou ni shitagatte koudou suru.
Ryuu wa kuusou no doubutsu de aru.
Onee-san wa doubutsu ga dai suki da.
Yoru ni katsudou suru doubutsu mo iru.
Doubutsu-en ni wa takusan no shurui no doubutsu ga iru.
Doubutsu no inochi wa wareware no inochi ni otorazu toutoi.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang doubutsu (hewan). Jadi, doubutsu (hewan) dalam bahasa Jepang ditulis dengan dua huruf kanji dou (bergerak) dan butsu (benda, objek). Oleh karena itu, jika dilihat dari huruf kanjinya, doubutsu (hewan) bisa diartikan “benda atau objek yang bergerak”.

Semoga belajar bahasa Jepang kali ini pun menarik dan bermanfaat buat kalian ya. Jangan lupa terus berlatih untuk memperlancar kemampuan bahasa kalian. Terus ikuti info-info seputar bahasa Jepang di blog Kepo Jepang ya!

Sebelumnya, yuk perhatikan kembali beberapa hal di bawah ini!

Apa bahasa Jepangnya “binatang”?

Bahasa Jepangnya “binatang” adalah “doubutsu”

Bagaimanakah cara menulis “doubutsu” dalam hiragana dan kanji?

“Doubutsu” dalam hiragana ditulis seperti どうぶつ, sedangkan dalam kanji ditulis 動物.

Apa filosofi penulisan kanji “doubutsu (動物)”?

動/dou (bergerak) dan 物/butsu (benda, objek). Oleh karena itu, jika dilihat dari huruf kanjinya, doubutsu (hewan) bisa diartikan “benda atau objek yang bergerak”.

Jika kalian masih penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan seputar bahasa Jepang maupun informasi lainnya tentang Jepang, pastikan mengecek halaman ini ya!