Kanojo wa watashi no imouto desu.
Dia adalah adik perempuan saya.

Kata imouto merupakan istilah bahasa Jepang untuk menunjukkan “adik perempuan”. Namun, berbeda dengan onee-san yang umum digunakan untuk memanggil “kakak perempuan”, imouto biasanya hanya digunakan sebagai kata tunjuk “adik perempuan saja”.

Untuk lebih memahami penggunaan kata imouto, melalui artikel ini Kepo Jepang akan mencoba menjelaskan arti dan maknanya, serta penggunaannya dalam kalimat bahasa Jepang.

Lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Imouto

Jika kalian memperhatikan Kanji imouto, ada dua karakter Kanji yaitu onna (wanita, perempuan dewasa) dan imada atau mada (belum, masih belum). Dengan melihat makna dari kedua Kanji ini saja, kita bisa memahami bahwa makna imouto adalah seorang wanita yang belum dewasa.

Etimologi “Imouto

Kata imouto sebelumnya berasal dari istilah imo-hito yang juga dibaca imoto. Pada zaman dahulu, kata imo digunakan oleh para pria sebagai panggilan sayang kepada saudara perempuan kandung, teman dekat wanita, pacar maupun istri. 

Ketika digunakan sebagai kata tunjuk saudara perempuan, dari sudut pandang pria istilah ini digunakan tanpa memandang usia. Dalam artian bisa digunakan untuk menyebutkan kakak maupun adik perempuan.

Kemudian pada zaman Heian, cara bacanya mengalami pergeseran menjadi imouto yang digunakan hingga saat ini, dan makna “saudara perempuan” dibatasi hanya untuk adik perempuan saja. 

Pada zaman dulu (kurang lebih sampai zaman Heian), istilah ini umumnya digunakan dari sudut pandang pria. Di mulai dari zaman pertengahan sampai saat ini kata imouto secara luas digunakan baik oleh pria maupun wanita untuk menunjukkan adik perempuan maupun wanita yang usianya lebih muda.

Arti dan Makna “Imouto

Dalam kamus bahasa Jepang, dijelaskan beberapa makna yang bisa dideskripsikan dari kata imouto, yaitu :

  1. Menunjukkan saudara perempuan dari orang tua yang sama maupun orang tua yang berbeda yang usianya lebih muda.
  2. Teman dekat wanita (dari sudut pandang pria).
  3. Menunjukkan adik perempuan dari suami atau istri kita, atau istri dari adik laki-laki kita. Istilah lainnya yaitu gimai (adik ipar perempuan).
  4. Menunjukkan anak perempuan atau wanita yang usianya lebih muda dari kita.

Informasi Tambahan

Pada umumnya, kata imouto tidak digunakan sebagai sapaan panggilan seperti onii-san dan onee-san. Saudara yang lebih tua umumnya memanggil adik mereka dengan nama asli mereka atau nama panggilan khusus.

Sebaliknya, adik perempuan maupun laki-laki menggunakan onee-san, nee-chan, onii-san, nii-chan, atau (nama kakak) nii-san / nee-san sebagai sapaan untuk kakak mereka. 

Di sisi lain, dalam kehidupan sehari-hari ketika kita menunjuk adik perempuan dari orang lain selain menyebutkan nama, kita juga bisa menggunakan panggilan imouto-san atau imouto-chan.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan istilah imouto di atas, mari kita perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Ani wa watashi yori ni-sai toshiue de, imouto wa san-sai toshishita desu.
Senshuu no do-youbi, haha to imouto to ginza ni kaimono ni itta.
A : Onee-chan toka imouto wa iru?
B : Onee-chan wa inai kedo, imouto ga futari iru.
Ryoushin wa watashi ni wa itsumo kibishikatta ga, imouto ni wa amakatta.
Imouto ga toppu daigaku ni goukaku shita no wa sugoku ureshii desu.
A : Imouto-san wa oikutsu desuka?
B : Kotoshi, hatachi ni narimasu.
Imouto wa joshi-kou ni kayotte imasu.
Anata no onee-san to imouto-san wa sokkuri de, kubetsu ga tsukimasen.
Imouto wa santakuroosu ga hontou ni iru to majime ni shinjite iru.
Kono shashin no hidari gawa no futari no onna no ko wa watashi no imouto-tachi desu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata imouto yang secara umum digunakan untuk menunjukkan “adik perempuan” atau “gadis yang berusia lebih muda dari kita”. Perlu kalian ingat bahwa imouto tidak digunakan sebagai sapaan panggilan seperti onee-san dan onii-san. Di Jepang seorang kakak secara umum memanggil adik perempuan mereka dengan nama asli atau nama panggilan khusus.

Sampai di sini dulu penjelasan bahasa Jepang kali ini. Semoga penjelasan istilah bahasa Jepang di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Q) Apa bahasa Jepangnya “adik perempuan”?

A) “Adik perempuan” dalam bahasa Jepang disebut 妹 (imouto).

Q) いもうと (imouto) itu artinya apa?

A) Secara umum “imouto” artinya adalah adik perempuan, baik itu adik kandung, adik tiri, maupun adik ipar. Selain itu bisa juga digunakan untuk menunjukkan perempuan yang usianya lebih muda dari kita.

Q) Apakah いもうと (imouto) digunakan sebagai panggilan seperti “onee-san”?

A) Berbeda dengan “onee-san” yang bisa digunakan sebagai sapaan panggilan, “imouto” tidak digunakan sebagai sapaan panggilan kepada “adik perempuan”, tetapi hanya digunakan sebagai kata tunjuk saja. Pada umumnya, orang Jepang memanggil adik perempuan mereka dengan menyebutkan nama asli atau nama panggilan khusus.

Q) Apakah ada istilah lain untuk sebutan “adik ipar perempuan”?

A) Istilah lain untuk “adik ipar perempuan” adalah 義妹 (gimai).

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.