Isha ni naritai.
(Saya) ingin menjadi dokter.

Kosakata profesi seperti isha (dokter) pada kalimat di atas, merupakan salah satu kosakata yang mungkin akan penting bagi kalian yang sedang belajar bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan, kosakata seputar profesi dan pekerjaan sering kali muncul dalam contoh percakapan.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan makna kata isha dan memperkenalkan istilah-istilah “dokter” secara spesifik dalam bahasa Jepang. Kalian juga akan lebih mudah memahaminya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan “Isha

Isha adalah kata yang digunakan untuk menyebutkan dokter secara umum. Dalam kamus bahasa Jepang, isha (dokter) diartikan sebagai orang yang memiliki spesialisasi dalam melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan kepada orang sakit dan orang yang cedera.

Selain isha, ishi juga bisa digunakan untuk menyebutkan dokter dalam bahasa Jepang. Namun, ishi bukan hanya menjelaskan pekerjaan yang bergerak di bidang kedokteran saja, tapi juga digunakan untuk menyatakan seorang guru atau profesor yang mengajar di bidang kedokteran.

Sebagai tambahan, umumnya isha digunakan untuk menyatakan profesi sebagai dokter, atau oisha-san untuk memberikan nuansa yang lebih sopan dan formal. Dalam percakapan, orang Jepang menggunakan kata sensei sebagai bentuk sapaan kepada dokter. Misalnya, Dokter Aizawa disebut Aizawa Sensei bukan Aizawa Isha.

Istilah Dokter yang Lebih Spesifik

  • Shounika-i : dokter spesialis anak
  • Juuishi : dokter hewan
  • Shikai, haisha : dokter gigi
  • Seishinka-i : dokter jiwa
  • Gankai, meisha : dokter spesialis mata

Contoh Kalimat

Michiko-san no oniisan wa isha desu.
Isha ni mite morainasai.
Oisha-san wo shinjinasai.
Hayaku isha ni miseta houga ii.
Kanojo wa isha wo shokugyou toshite erabimashita.
Otou-san wa isha no susume de tabako wo yamemashita.
Tanaka-kun no yume wa isha ni naru koto da.
Isha ni toubun wo hikaeru youni iwareta.
Yamada-san wa isha ni inshu wo yameru youni chuukoku sareta.
Ano oisha-san wa nichi-youbi dake de naku, sui-youbi mo kyuushinbi da.
Obaa-san wa mai-tsuki, isha ni mite morawanakereba naranai.
Isha to kanja to no aida no yoi kankei wa hijou ni juuyou de aru.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan secara singkat dan contoh penggunaan kata isha (dokter). Jadi, perlu kalian ingat kalau penyebutan “dokter” sebagai profesi dan sapaan untuk “dokter” dalam bahasa Jepang itu berbeda. Isha digunakan untuk mendeskripsikan orangnya dan sensei digunakan untuk memanggilnya.

Semoga bahasa Jepang yang disampaikan di atas bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya selalu bermanfaat buat kalian. Jangan lupa selalu semangat belajar dan ikuti terus informasi terbaru di Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, yuk kita perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “dokter”?

A) “dokter” dalam bahasa Jepang adalah “isha”.

Q) Apa bedanya “isha” dengan “ishi’?

A) “Isha” adalah istilah umum untuk “dokter” apapun. Sedangkan “ishi” bukan hanya menjelaskan pekerjaan yang bergerak di bidang kedokteran saja, tapi juga digunakan untuk menyatakan seorang guru atau profesor yang mengajar di bidang kedokteran.

Q) Bagaimana membedakan penggunaan “isha” dan “sensei”?

A) “Isha” digunakan untuk menyatakan profesi sebagai dokter, sedangkan “sensei” digunakan sebagai sapaan kepada dokter, misalnya Pak Dokter Aizawa jadi Aizawa-sensei.

Jika teman-teman masih penasaran dengan pertanyaan lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.