Yakyu wa omoshiroi supootsu desu.
Bisbol adalah olahraga yang menarik.

Istilah “olahraga” dalam bahasa Jepang pada kalimat di atas merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “sport”. Namun, selain supootsu ada juga loh istilah “undou” yang juga berarti “olahraga”. Tahukah kalian apa perbedaannya?

Kali ini Kepo Jepang akan menjelaskan perbedaan istilah supootsu dan undou agar bisa kalian pahami dengan mudah. Tentunya kalian juga bisa mempelajari penggunaan kedua istilah ini melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Supootsu” dan “Undou

Baik supootsu maupun undou termasuk ke dalam kelas kata benda (meishi). Keduanya bisa diubah ke dalam kata kerja dengan menambahkan suru, sehingga menjadikannya kata kerja golongan 3. 

Secara sederhana, kedua istilah ini diartikan “olahraga”, tetapi keduanya memiliki makna yang sedikit berbeda.

Arti dan Makna “Supootsu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, supootsu merupakan kata serapan asing dari bahasa Inggris “sport”. Istilah supootsu telah ditetapkan sebagai bahasa Jepang sejak era Showa. Istilah ini secara umum mengandung dua makna.

Pertama, supootsu secara umum digunakan untuk menggambarkan latihan fisik yang dilakukan dengan tujuan mencari kesenangan dan bersaing untuk menang atau kalah. Dalam hal ini makna “olahraga” pada kata supootsu secara umum merujuk pada “olahraga” untuk tujuan rekreasi, kompetisi, dan kebugaran fisik. Oleh karena itu, makna pertama supootsu umumnya merujuk pada pertandingan olahraga yang dibatasi dalam aturan tertentu.

Makna kedua adalah istilah umum untuk latihan fisik yang dilakukan untuk tujuan bersenang-senang, dan mengacu pada rekreasi atau hiburan yang dilakukan untuk menikmati dan berkomunikasi terlepas dari kemenangan atau kekalahan.

Jadi, ketika kalian membicarakan “olahraga” yang berhubungan dengan kompetisi, maka istilah supootsu lah yang paling tepat untuk digunakan.

Arti dan Makna “Undou

Coba perhatikan Kanji dari kata undou di bawah ini :

KanjiOn’yomiKun’yomiArti
UNHakobuMembawa, keberuntungan, takdir, nasib, banyak, transportasi, kemajuan, percepatan
DOUUgoku, ugokasuBergerak, gerak, perubahan, pergeseran, goyang

Dengan melihat makna dari masing-masing Kanji, bisa dilihat bahwa makna umum dari kata undou adalah melakukan “pergerakan”. Oleh karena itu, undou sebagai “olahraga” menggambarkan kegiatan menggerakan otot-otot dalam tubuh atau aktivitas secara fisik. Oleh karena itu, istilah undou digunakan secara luas untuk aktivitas fisik yang sebenarnya.

Berbeda dengan supootsu yang digunakan untuk “olahraga” sebagai kompetisi, undou tidak memiliki aturan atau batasan tertentu. Olahraga yang dilakukan secara individu untuk tujuan menjalani hidup yang sehat dan sebagai gaya hidup bisa disebut dengan istilah undou.

Selain mendeskripsikan aktivitas fisik atau “olahraga”, makna lain dari kata undou adalah :

  1. Suatu benda berubah posisinya dari waktu ke waktu, yang berarti bahwa benda itu bergerak dengan sendirinya.
  2. Mengambil tindakan untuk tujuan tertentu.
  3. Menunjukkan keadaan yang berubah dari waktu ke waktu, yang berarti waktu mengalir dan bergerak.
  4. “Gerakan fisiologis makhluk hidup”, yang berarti makhluk hidup secara aktif menggerakkan bagian-bagian tubuhnya.

Perbedaan “Supootsu” dan “Undou

Dengan melihat perbedaan makna dari masing-masing istilah, dapat disimpulkan bahwa supootsu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas “olahraga” secara umum, terutama untuk “olahraga” yang bersifat sebagai kompetisi.

Sedangkan undou merupakan istilah yang secara umum mendeskripsikan kegiatan yang menggerakan badan atau menunjukkan aktivitas secara umum, di mana salah satunya adalah “olahraga”. Makna “olahraga” dalam kata undou pun tidak dibatasi oleh aturan tertentu sehingga umumnya digunakan untuk menunjukkan kegiatan olahraga secara individu dengan tujuan kesehatan.

Selain itu, bisa dikatakan gerakan dalam supootsu pergerakan yang digambarkan lebih berat, sedangkan undou menggambarkan pergerakan fisik yang lebih ringan.

Informasi Tambahan

Sebagai tambahan, ada istilah lain yang digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan atau pelajaran olahraga di sekolah, yaitu taiiku. Secara sederhana taiiku bisa diartikan “pelajaran olahraga”. Maknanya sendiri adalah pendidikan yang ditujukan untuk meningkatkan perkembangan tubuh yang sehat dengan mempraktikkan olahraga yang tepat dan meningkatkan kesehatan. Istilah taiiku juga digunakan untuk menunjukkan gedung tempat berolahraga yaitu taiiku-kan. Berikut contoh penggunaanya dalam kalimat :

Kyou no taiiku no jugyou wa bareebooru desu.
Taiiku no jugyou ga aru hi wa undou-gutsu wo haite kudasai.

Contoh Kalimat

Untuk memahami penggunaan istilah-istilah di atas, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Supootsu

Watashi no suki-na supootsu wa tenisu desu.
Nihon de ichiban ninki no aru supootsu wa nan da to omoimasuka?
A : Shumi wa?
B : Eeto, sakkaa toka, badominton toka. Supootsu zenpan desu ne.
Kare wa supootsu nara nan demo tokui da sou da.
Bokushingu wa ichiban kakoku-na supootsu kamoshirenai.
Supootsu nanka kyoumi nai ne. Shousetsu wo yonde iru hou ga tanoshii.
Karera wa sekai de katsuyaku suru nihon no supootsu senshu desu.
Yamada-san ni wa supootsu no sainou ga aru ne. Doryoku sureba, puro ni nareru kanousei ga aru yo!
Chichi to haha to imouto no izuremo supootsu ni wa kyoumi ga arimasen. 
Terebi de wa supootsu no shiai shika mimasen.

Undou

Mai nichi undou shite imasu.
Undou wa sutoresu kaishou ni totemo ii.
Watashi wa undou-chuu ni ongaku wo kiku no ga suki desu. 
Mai nichi, undou wo suru tame ni, jimu ni ikimasu.
Undou kirai-na hito ga takusan iru to omoimasu.
Kanojo wa undou no tame ni ranningu suru koto wo kimemashita.
Saikin isogashii node, undou wo suru jikan ga hette iru nda.
Nihon no undou-kai wa ku-gatsu ka juu-gatsu ni okonawareru koto ga ooi desu.
A : Yoru osoku ni tabesugichatta.
B : Ashita undou sureba ii jan. 
A : Dou yattara kono pocchari onaka wo hekomaserareru kana? 
B : Teikiteki ni undou shita hou ga ii yo.

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? Sekarang apakah kalian sudah paham perbedaan dari istilah supootsu dan undou? Pada dasarnya, supootsu digunakan untuk menunjukkan kegiatan olahraga, terutama olahraga yang dibatasi oleh peraturan tertentu sebagai kompetisi untuk menang atau kalah. Sedangkan undou secara umum mendeskripsikan pergerakan tubuh atau aktivitas fisik, salah satunya olahraga.

Semoga penjelasan istilah-istilah bahasa Jepang di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “olahraga”?

A) Bahasa Jepang “olahraga” adalah スポーツ (supootsu) atau 運動 (undou). Untuk menjadikannya kata kerja (berolahraga) tinggal menambahkan kata する menjadi スポーツ(を)する / supootsu (wo) suru atau 運動(を)する / undou (wo) suru.

Q) Apa artinya スポーツ (supootsu)?

A) スポーツ (supootsu) artinya “olahraga”. Namun, istilah ini umumnya merujuk pada kegiatan olahraga kompetisi.

Q) Apa artinya 運動 (undou)?

A) 運動 (undou) secara harfiah artinya “menggerakan tubuh”. Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas fisik termasuk salah satunya olahraga.

Q) Apa perbedaan antara スポーツ (supootsu) dan 運動 (undou)?

A) Baik スポーツ (supootsu) maupun 運動 (undou) diartikan “olahraga”. Namun, スポーツ lebih menunjuk pada “olahraga” kompetisi di mana dilakukan berdasarkan peraturan tertentu. Sedangkan makna “olahraga” pada 運動 (undou) pada dasarnya mendeskripsikan kegiatan menggerakan tubuh atau aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan tubuh dan tidak dibatasi oleh peraturan tertentu.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.