“Terima kasih” dalam bahasa Jepang bisa diekspresikan dengan beberapa ungkapan. Hal ini dikarenakan adanya tingkatan kesopanan dalam budaya bahasa Jepang. Yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah arigatogozaimasu (ありがとうございます).

Di artikel ini kalian bisa mempelajari berbagai macam ungkapan “terima kasih” selain arigatou gozaimasu, yang bisa kalian gunakan sesuai dengan situasi dan lawan bicara yang kalian hadapi. Selain itu, akan dibahas sedikit penjelasan tentang cara menjawab “terima kasih” dalam bahasa Jepang.

Untuk lebih memahami penggunaan ungkapan “terima kasih” dalam bahasa Jepang, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Arigatou gozaimasu

Pasti banyak orang yang tahu bahasa Jepang yang satu ini. Arigatou gozaimasu yang digunakan untuk mengungkapkan rasa “terima kasih” biasa dipakai dalam situasi umum yang kebanyakan bersifat formal. Umumnya digunakan ketika kalian ingin mengungkapkan “terima kasih” kepada orang yang belum kalian kenal, orang yang jauh lebih tua atau status sosialnya lebih tinggi dari kalian.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Terima Kasih”

Seperti halnya ungkapan lain dalam bahasa Jepang yang bisa diekspresikan dengan beberapa istulah, ungkapan “terima kasih” pun memiliki beberapa perbedaan tergantung dari kepada siapa kalian mengucapkan rasa “terima kasih” tersebut.

Arigatou

Ungkapan yang lebih kasual dari arigatou gozaimasu. Umumnya digunakan ketika kalian bermaksud mengekspresikan rasa “terima kasih” kepada orang terdekat kalian seperti keluarga, sahabat dan teman sebaya.

Doumo arigatou gozaimasu

Bisa dikatakan ungkapan levelnya jauh lebih sopan dan formal dibandingkan arigatou gozaimasu. Adapun secara harfiah artinya adalah “terima kasih banyak”.

Arigatou gozaimashita

Secara tata bahasa, ungkapan ini merupakan bentuk lampau dari arigatou gozaimasu. Umumnya digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kalian kepada orang yang sudah kalian repotkan atau sudah membantu kalian dalam banyak hal, seperti pegawai toko yang membantu dan sudah melayani kalian selama berbelanja.

Sankyu

Ini adalah ungkapan “terima kasih” yang diambil dari bahasa Inggris “thank you”. Umumnya digunakan dalam situasi kasual dan non-formal, serta lebih sering digunakan oleh anak muda (bahasa gaul).

Ungkapan “Terima kasih kembali” (jawaban/balasan “Arigatou”)

Bagaimanakah cara menjawab arigatou gozaimasu? Dalam bahasa Indonesia, ungkapan “terima kasih” umumnya dijawab dengan “sama-sama” atau “terima kasih kembali”. Adapun dalam bahasa Jepang, ungkapan “sama-sama” yang paling umum digunakan adalah douitashimashite atau kochira koso yang secara harfiah artinya hampir dekat dengan “terima kasih kembali”.

Sama halnya dengan ungkapan “terima kasih”, ungkapan “sama-sama” atau “terima kasih kembali” pun bisa diekspresikan dalam berbagai macam istilah yang disesuaikan dengan situasi, kondisi dan siapa lawan bicara. Untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa kalian baca di artikel douitashimashite (sama-sama).

Contoh Kalimat

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan ungkapan arigatou gozaimasu.

Tsuiito no henshin arigatou gozaimasu.
A : Kore, ikura desuka?
B : Hassen go-hyaku-en desu.
A : Dewa, kore wo kudasai.
B : Hai, arigatou gozaimasu.
Omiyage wo arigatou.
Tanjoubi no paatii ni maneite kudasatte arigatou gozaimasu.
Okurimono wo arigatou gozaimasu.
Kite kurete arigatou.
Sukunaku tomo “arigatou” kurai itte kurete mo ii noni. 
Go-shinsetsu no hodo hontou ni arigatou gozaimasu.
A : Zuibun nihon-go ga wakaru you ni natte kimashita ne.
B : Arigatou gozaimasu. Kore kara, shingaku no koto mo kangaete ikou to omoimasu.
A : Sumimasen, eki e ikitain desu ga….
B : Koko kara chikadou wo massugu ikeba, eki no mae ni demasu yo.
A : Soudesuka. Arigatou gozaimasu.
Arigatou gozaimashita. Mata no go-raiten, omachi shite orimasu! 
Mensetsu ni okoshi itadaki arigatou gozaimashita. 
Kore made go-nen-kan osewa ni narimashita. Mina-san, taihen arigatou gozaimashita.
Mina-san ni wa taihen osewa ni nari, iroiro goshidou itadaki arigatou gozaimashita.
Saigo ni narimasu ga, mina-sama no kon’go no gokatsuyaku wo kinen shite orimasu. Kore made arigatou gozaimashita.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang penggunaan arigatou gozaimasu (terima kasih). Jadi, dapat disimpulkan bahwa ungkapan arigatou gozaimasu digunakan ketika mengekspresikan terima kasih dalam bentuk yang lebih formal dan sopan. Untuk bentuk ungkapan yang lebih kasual bisa digunakan arigatou.

Semoga penjelasan di atas mudah dimengerti dan tentunya bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk coba mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari ya.

Sebelum baca artikel lain, yuk perhatikan dulu hal-hal di bawah ini!

Apa bahasa Jepangnya “terima kasih”?

Bahasa Jepangnya terima kasih adalah “arigatou gozaimasu”. Namun, untuk suasana yang lebih kasual, kalian cukup mengucapkan “arigatou” saja.

Apakah “arigatou gozaimasu” ditulis dengan kanji?

Ada huruf kanji untuk “arigatou gozaimasu”, 「有難うございます」, tetapi dalam keseharian lebih banyak ditulis dengan hiragana 「ありがとうございます」.

Kenapa “39” diartika “terima kasih”?

Dalam bahasa Jepang 3 adalah “san” dan 9 adalah “kyuu”. Jika digabungkan menjadi “sankyuu” yang merupakan bahasa serapan “thank you” dari bahasa Inggris yang artinya “terima kasih”. “Sankyuu” termasuk ke dalam jenis ungkapan kasual, jadi ada baiknya kalian hanya mengucapkan kepada teman dekat atau seumuran saja.

Apa bahasa Jepangnya “terima kasih atas hadiah ulang tahunnya”?

Tanjoubi purezento wo arigatou gozaimasu/arigatou.

Jika masih penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan lainnya, jangan lupa cek juga halaman ini ya!