Q) Bagaimana penggunaan kata すみません dalam percakapan di chat? Secara すみません memiliki tiga arti yang berbeda

A) Pertama, pahamilah masing-masing makna dari kata sumimasen. Setelah kita memahaminya, ketika akan menggunakan kata “sumimasen” baik dalam percakapan langsung maupun di chat, pahami terlebih dahulu konteks percakapan yang sedang dibicarakan. Penggunaannya bisa dinilai berdasarkan situasi dan konteks percakapan. Dengan memahami situasi dan konteks, maka lama kelamaan akan terbiasa menggunakannya. Sebagai contoh -> (1) henji ga osokunatte sumimasen / maaf saya terlambat membalas chatnya (meminta maaf ketika kita terlambat menyadari ada chat masuk dan baru membalasnya). (2) sumimasen, ashita ojikan itadakemasuka? (Maaf permisi, apakah besok ada waktu? (digunakan ketika ada kita bermaksud memohon atau meminta tolong kepada lawan bicara). Semoga penjelasannya membantu ya.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bagaimana cara agar tidak lupa berlatih kotoba dan perubahan kosakata?

A) Cara terbaik untuk berlatih kotoba (kosakata) dan bentuk perubahan kosakata dalam bahasa Jepang adalah dengan mengingatnya melalui kalimat. Selengkapnya lihat di halaman ini ya!

Q) Perbedaan sumimasen dan gomenasai?

A) Sumimasen dan gomennasai adalah 2 istilah yang umum digunakan untuk mengatakan “maaf”. Yang membedakan keduanya adalah “sumimasen” mengandung kesan yang lebih sopan dan formal. Sehingga “maaf” dengan “sumimasen” bisa digunakan dalam situasi apapun dan kepada siapapun, baik kepada orang terdekat, orang yang lebih tua maupun atasan. Sedangkan “gomennasai” lebih mengandung nuansa keakraban dan kedekatan, sehingga lebih umum digunakan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman sekolah, atau kerabat. Hal lain yang paling membedakan kedua kata ini adalah, “sumimasen” bisa digunakan untuk mengungkapkan hal lain seperti “permisi” dan “terima kasih”. Sedangkan, gomennasai lebih cenderung hanya digunakan untuk meminta maaf saja. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang kedua kata ini bisa dibaca langsung di artikel sumimasen dan gomennasai ya!

Q) Saya ingin kuliah di universitas Jepang, mohon berikan infromasi tentang beasiswa.

A) Informasi beasiswa bisa kalian temukan di artikel masing-masing universitas, silakan dicek di halaman ini .