Dalam bahasa Jepang, ada banyak kata yang bisa digunakan untuk mengatakan “bagus”, seperti ii, yoi, subarashii, utsukushii dan kawaii. Kali ini akan dibahas istilah bahasa Jepang lainnya yang berarti “bagus”, yaitu suteki. Apa itu suteki? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Suteki

Dalam kamus Evergreen Indonesia – Jepang, suteki diartikan bagus, baik, indah sekali dan sangat menarik. Adapun dalam kamus digital Daijisen, suteki dideskripsikan sebagai berikut :

  1. Suatu hal yang sesuai perasaan seseorang. Baik sekali.
  2. Menarik perhatian.
  3. Hal yang memberikan kesan sangat baik.
  4. Suatu hal yang luar biasa.

Walaupun saat ini kata suteki lebih banyak digunakan untuk menunjukkan hal-hal yang “bagus”, pada awal mulanya kata suteki tidak selalu digunakan untuk hal-hal yang baik saja, tetapi juga digunakan untuk menunjukkan hal-hal yang berlebihan atau melampaui batas. Bahasa Jepang lain yang cukup dekat pengertiannya dengan suteki ini adalah subarashii. Oleh karena itu, dikatakan bahwa kata suteki lahir dari kata subarashii. Sebagian besar kamus mengungkapkan teori bahwa su dari suteki berasal dari subarashii (hebat, luar biasa) ditambah kata teki (target, objek). 

Suteki termasuk ke dalam kata sifat golongan 2 atau keiyoudoushi (verba adjektiva). Jika kata sifat ini digunakan untuk menerangkan kata benda, maka harus ditambahkan “~na” sebelum kata benda yang dijelaskan. Oleh karena itu, kata sifat ini lebih dikenal dengan sebutan na-keiyoushi.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan kata suteki pada contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Nante suteki-na ie desu ne.
Suteki-na okurimono wo doumo arigatou.
Kimi no kan’gae wa suteki da ga, genjitsu-sei ni kakeru.
Shoppingu ni iki, suteki-na fuku wo kounyuu suru.
Onee-san wa suteki-na tokei wo kureta ga, sore wo nakushite shimatta.
Kare no saishin no sakuhin ga shichousha de tenji sareteiru no. Kotoba ni dekinai hodo suteki da yo.
Kono mae no nichi youbi ni okaa-san ga suteki-na kaban wo katte kureta.
Onii-san kara sonna suteki-na purezento wo morau to wa omowanakatta.
Kono kooto wa suteki dakedo, kouka sugiru.
Obaa-san wa suteki-na mafura wo tsukutte kureta.
Watashi ni suteki-na resutoran wo shoukai shite kurete arigatou.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang kosakata suteki (bagus). Kata “bagus” dalam bahasa Jepang bisa diungkapkan dengan berbagai macam kata. Dengan memahami makna setiap kata dan melihat contoh-contoh kalimat yang sudah diberikan, maka kalian akan mudah memahami setiap perbedaannya. Keragaman istilah dalam bahasa Jepang ini adalah salah satu keunikan yang menarik dalam mempelajari bahasa Jepang.

Semoga bahasa Jepang yang disampaikan kali ini pun bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kalian ya! Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!